Sholat Gerhana bulan bareng Sandiaga Uno, SDIT Al MUBAROK

by - Januari 31, 2018





Sholat GERHANA BULAN bareng Sandiaga Salahudin uno di sdit Al mubarok rawasari, cempaka putih jakarta pusat. 

Shalat gerhana bulan kali.ini  terasa tambah istimewa. Ratusan siswa siswi sdit al mubarok rawasari cempaka putih jakarta pusat berkesempatan sholat bareng wakil guberrnur DKI jakarta H. Sandiaga Salahudin uno. 



Sejak lepas ashar siswa siswi SDIT Al Mubarok berdatangan ke masjid Al mubarok yang beralamat di jl pramuka sari no.3  cempaka putih jakarta pusat. Acara yang di gelar yayasan masjid Al Mubarok dan SDIT ini dimaksudkan mengenalkan kejadian alam.yang merupakan kebesaran Allah Subhanahu wataala. Dengan acara ini diharapkan bertambahlah kecintaan siswa pada Penciptanya melalui ayat ayat yang tersebar di alam raya. 

Sambutan luar biasa diberikan siswa siswi sdit al mubarok untuk wakil gubernur DKI jakarta  H Sandiaga Salahudin Uno, berbaris sepanjang jalan masuk  sampai ke masjid. Nasyid assalamualaika yang dimainkan team hadroh siswa almubarok menambah meriah suasana penyambutan. 




Gerhana bulan adalah sebuah peristiwa dimana sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Hal ini terjadi apabila bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar Matahari tidak bisa  mencapai bulan karena terhalangi oleh bumi.
hal ini terjadi akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari bumi dan bulan. ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat di prediksi

KAPAN BERLANGSUNGNYA

BMKG menyebut gerhana bulan kali ini, masyarakat sudah bisa menikmati supermoon sejak 1 januari 2018 malam

Gerhana bulan kali ini akan dapat diamati dari seluruh indonesia. gerhana total kali ini diperkirakan akan berlangsung selama 1 jam 16 menit.  Purnama yang diperkirakan akan hadir pada Rabu, 31 Januari 2018.

gerhana bulan total yang insyaAllah akan disaksikan 31 Januari nanti. Dapat disaksikan antara  pukul 18.48 WIB masih terlihat gerhana parsial Sekitar pukul 19.51 WIB mulai gerhana bulan total dan berakhir sekitar pukul 21.07 WIB. Kemudian, pada pukul 22.11 WIB Anda bisa menyaksikan akhir gerhana bulan sebagian.

KENAPA ISTIMEWA

Gerhana bulan kali ini akan terasa  sangat istimewa karna memiliki tiga momentum sekaligus.

supermoon  yaitu   bulan akan berjarak terdekat dengan bumi menjadikan penampakan purnama akan lebih besar dari normalnya purnama.

blue moon  purnama ini akan menjadi yang kedua kalinya hadir selama Januari 

pada hari yang sama akan ada terjadi Gerhana Bulan total.

BMKG  menyebut masyarakat sudah bisa menikmati supermoon sejak 1 januari 2018 malam.bulan akan berjarak terdekatnya dari bumi ditahun 2018. yaitu sejauh 356.565 km. sementara supermoon berikutnya akan dimulai pada 30 januari 2018, pukul 16.56 WIB. dan puncak supermoon ini terjadi pada 31 januari 2018 pukul 20 ; 26 WIB

Saat bulan memasuki bayangan bumi, maka akan berubah warna menjadi merah. Tiga kejadian tersebut akhirnya disebut dengan Super Blue Blood Moon.

gerhana diperkirakan terjadi dari awal malam hingga tengah malam.


SHOLAT GERHANA BULAN 

Sholat gerhana adalah sholat yang dilaksanakan selama gerhana berlangsung.

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ ، لاَ يَنْخَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلاَ لِحَيَاتِهِ ، فَإِذَا رَأَيْتُمْ ذَلِكَ فَادْعُوا اللَّهَ وَكَبِّرُوا ، وَصَلُّوا وَتَصَدَّقُوا

_Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Gerhana ini tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Jika melihat hal tersebut maka berdoalah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah salat dan bersedekahlah._

Sayyidatuna A’isyah ra bercerita: Gerhana matahari pernah terjadi di masa Rasululloh SAW kemudian beliau sholat bersama para sahabat. Beliau pun berdiri dengan lama, ruku’ dengan lama, berdiri lagi dengan lama namun lebih pendek dari yang pertama, lalu ruku’ dengan lama namun lebih pendek dari yang pertama, lalu mengangkat kepala dan bersujud, dan melakukan sholat yang terakhir seperti itu, kemudian selesai dan matahari pun sudah muncul. (HR Bukhari, Muslim, Nasa’i, Ahmad, Abu Daud, At-Tirmidzi, dan Ibnu Majah)

disunahkan  melaksanakan shalat sunnah gerhana Bulan (shalat Khusuf) dan disunnahkan  mandi terlebih dulu sebelum shalat. Para wanita yang tidak sedang berhalangan, dianjurkan untuk ikut shalat gerhana, karena Aisyah dan Asma’ ikut Shalat gerhana pada waktu Rasulullah SAW melakukan shalat gerhana

kepada seluruh Kaum Muslimin Wal Muslimah dihimbau untuk:

1. Mengumandangkan Gema Takbir
sebagaimana Lafadz Takbir Hari Raya. 

2. Menyeru Salat berjama'ah dengan lafadz Asholatu Jami'ah

3. Solat Gerhana Bulan (salat KhusyufilQamar Qamar) dgn 2 rokaat, 

setiap rokaat 2 kali ruku, 2 kali baca Al-Fatihah dan Surah Pilihan, dan 2 kali sujud.

4. Khotib berkhutbah gerhana dengan Tema Gerhana sebagai Kebesaran dan Kekuasaan Allah.

5. Memperbanyak Takbir Tahlil, Tahmid, dan Istighfar.

6. Mengumpulkan dan membagikan Sodaqoh.

7. Mengumandangkan Gema Takbir_ hingga gerhana nampak terbuka bersih bersinar kembali.

8. Bersyukur kepada Allah setelah Gerhana kembali terbuka bercahaya.














You May Also Like

7 komentar