Kemah ukhuwah Pramuka Sekolah Islam Terpadu DKI 2018

by - Februari 18, 2018




Kemah Ukhuwah Pramuka Sekolah Islam Terpadu wilayah DKI Jakarta


Kemah Ukhuwah Pramuka Sekolah Islam Terpadu wilayah DKI Jakarta adalah sebuah kegiatan yang dirancang untuk lebih mengeratkan rasa  persaudaraan antara Pramuka Sekolah Islam Terpadu.  Kemah Ukhuwah Pramuka Sekolah Islam Terpadu wilayah DKI Jakartasukses meninggalkan kesan terdalam dihati para peserta.

Kemping,  tidur di tenda dialam terbuka,  masak dengan peralatan seadanya,  adalah pengalaman yang sangat berkesan buat anak - anak.  Bukan sekedar berjauhan dengan orang tua dan  tempat tidur empuk.  Tidur satu tenda berkelompok juga melatih rasa ' legowo' untuk mau berbagi ruang dengan teman - teman sekelompok.  Antri makan dan kamar mandi adalah pemandangan pagi sore dan jam -  jam makan di acara kemah ukhuwah ini.  Sabar,  empati dan tahan terhadap kondisi alam adalah rasa yang diharapkan lahir dari acara -  acara semacam ini. 



Akhir pekan ini saya jadwalkan ikut rombongan SDIT Al mubarok mengikuti kemah ukhuah Pramuka Sekolah Islam Terpadu wilayah DKI Jakarta.  Serasa flash back puluhan tahun silam,  pernah ikut Jambore Nasional di tempat yang sama.  Bumi Perkemahan Cibubur,  Jakarta Timur.  Kalau dulu jadi peserta,  kali ini jadi team konsumsi yang menyiapkan makanan buat peserta Kemah Ukhuah,  sambil menulis tentunya.



Kemah Ukhuah Wilayah 1 DKI Jakarta.

Kegiatan ini bernama Kemah Ukhuwah Wilayah 1 DKI - JAKARTA Sako Pramuka SIT 2018 untuk selanjutnya disingkat KEMWIL 1. Kegiatan KEMWIL 1 dilaksanakan pada hari Kamis - Sabtu tanggal 15 – 17 Febuari 2018
KEMWIL 1 DKI - JAKARTA  dilaksanakan di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur
Dengan Tema kegiatan  adalah : ”Bersama satu visi Membina kaum muda, menyiapkan generasi masa depan mewariskan yang terbaik bagi bangsa”
Adapun Slogan KEMWIL 1 adalalah Tangkas, Interaktif, Mandiri yang disingkat TIM.


Kemah Ukhuwah Wilayah 1 DKI - JAKARTA Sako Pramuka SIT 2018 diselenggarakan untuk mewujudkan persaudaraan generasi muda Indonesia yang TAQWA, TANGGUH, TANGKAS dan TEGUH serta menumbuhkan rasa kebangsaan.  Kemah Ukhuwah Wilayah 1 DKI - JAKARTA Sako Pramuka SIT 2017 bertujuan untuk meningkatkan karakter kemandirian, ketangguhan dan keterampilan, jiwa kepemimpinan, semangat persaudaraan, persatuan dan kesatuan Pramuka Islam Terpadu DKI – JAKARTA dalam bingkai nilai-nilai ke Islaman serta memiliki komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan Kode Kehormatan Pramuka yaitu Tri Satya dan Dasa Darma.

Adapun sasaran yang hendak dicapai dari kegiatan ini adalah ;
1.Meningkatnya ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, semangat beribadah dan beramal kebajikan.
2.Terjalin tali silaturahmi, persaudaraan dan ikut serta mengokohkan persatuan dan kesatuan sebagai jati diri bangsa Indonesia.
3.Meningkatnya kemampuan olah mental, fisik, pengetahuan, jiwa kepemimpinan, dan kepercayaan diri.
4.Terbangunnya rasa tanggungjawab terhadap diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara.  
5.Bertambahnya pengalaman sebagai bekal hidup masa depan peserta didik.

Hormati alam dengan senantiasa bertaqorrub ilallah, bertafakur dan menjaga kelestariannya, hemat air, membuat sampah pada tempatnya, hindari sampah plastik, meminimalisir arena tenda regu tidak mengggunakan spanduk plastik merupakan Budaya Kemwil 1.

Jumlah peserta KEMWIL kali ini adalah (Siswa + Pembina)

A. Peserta ikhwan : 501
B. Peserta akhwat : 438
C. Pembina ikhwan : 104
D. Pembina akhwat : 79
E. Panitia ikhwan : 59
F. Panitia akhwat : 51
G. Sekolah : 19
Total = 1.232


Tamu yg datang :
● Dinas Bintal Provinsi DKI - Jakarta (Ibu Nunuk)
● Dr. Sukro Muhab, M.Si (MABISAKONAS) Pramuka SIT yang juga menjabat di bidang Lingkungan Hidup Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.
● PINSAKONAS Pramuka SIT (Kak Ahmad Fikri)
● Ust Karim & Ustdzh Heny (Tokoh JSIT INDONESIA)
● Ust. Anton Pengurus JSIT Pusat
● Seluruh Pengurus JSIT DKI JAKARTA
● Kepala Sekolah sit dki jakarta
● Pinsakocab Depok (Rizal Dharma Saputra) mewakili Pinsakoda Jawa Barat


Jumlah sekolah yg berpartisipasi :

● ada 19 SDIT antara lain
1. SDIT BUAH HATI = Jaktim
2. SDIT ASSADAH = Jaktim
3. SDIT PERMATA BUNDA = Jaktim
4. SDIT INSAN MULIA = Jaktim
5. SDIT AL MUBARAK = jakpus
6. SDIT HARUM JAKUT = Jakut
7. SDIT SEGAR AMANAH = Jaktim
8. SDIT AL KIYAN = jaksel
9. SDIT AR RISALAH = Jakbar
10. SDIT AL BIRUNI = Jaksel
11. SDIT PLUIT RAYA = Jakut
12. SDIT AL HIKMAH = Jaksel
13. SDIT AL KAWAKIB = Jakbar
14. SDIT AL KHAIRAT = Jaktim
15. SDIT INSAN MANDIRI = Jaksel
16. SDIT NURUL ISLAM = Jaktim
17. SDIT AL MUHAJIRIN = Jakut
18. SDIT IBNU SINA = Jaktim
19. SDIT SAID NA'UM = Jakut)
Usai Dibuka dengan pidato pembukaan yang menyemangati peserta,  Dan   Penampilan Opening Art Kemwil
● SDIT AL HIKMAH (Pencak Silat) dan
● SDIT ALKIYAN (Senam semaphore)



selepas hujan reda setelah seharian rata mengguyur wilayah DKI Jakarta di hari pertama Kemah Ukhuwah ini diselenggarakan.  Usai acara ini dibuka,  ada acara yang dirancang untuk membuat para peserta mengenal satu sama lain,  mereka di perintahkan untuk mencari kenalan diluar kelompok dan sekolahnya dan menuliskannya di buku masing - masing.  Banyak keseruan di acara ini.  Anak yang terbilang mudah bersosialisasi akan dwngan sangat mudah memenuhi tugas ini,  buat yang terbilang malu - malu,  disini saatnya mencoba kemampuan diri. Usai acara mencari teman peserta kemah Ukhuah di persilahkan kembali ke kemah masing - masing.  Melakukan kegiatan MCK,  Makan malam dan bersiap Sholat Berjamaah. 



Qiyamulail.

Di Acara Kemah Ukhuah,  Qiyamulail di agendakan untuk lebih mendekatkan diri kepada sang Khalik,  Allah subhanahu Wa taala yang telah menciptakan diri beserta alam raya,  tempat yang kita tinggali  saat ini.  Shalat beratapkan Lagit yang bertabur bintang malam ini menambah syahdu sujud - sujud di pengunjung malam.  Mujahid Mujahidah kecil ini kelak diharapkan menjadi pejuang Qiyamulail.  Tak kenal lelah di tengah padatnya acara,  dapat bersujud padaNya dipenghujung malam adalah  nikmat yang tiada tara.


Mari Berpetualang. 

Alhamdulillah,  hari jumat yang merupakan hari kedua menjadi hari yang cerah buat beraktifitas,  sejak pagi matahari hangat mengapa,  sebagian besar peserta memanfaatkan sinar matahari untuk menjemur baju,  Tas,  sepatu dan apapun yang kemarin basah seharian.  Allah mempergilirkan panas dan hujan,  agar kita menjadi makhluk yang senantiasa bersyukur.
Dari sekian pos yang akan dilalui tiap peserta hari ini beberapa diantaranya adalah.;


Pos Hewan Reptile.

Di pos ini peserta di perlihatkan dengan seekor ular piton yang belum lama beranak.  Diterangkan bagaimana ular ini makan dan berkembang biak.  Seorang kakak pembina yang berani mengalungkan ular besar dilehernya membuat bergidik para peserta yang melihatnya.  Di pos ini di perlihatkan,  Ada makhluk Allah yang tiada berkaki,  berpindah tempat dengan melata,  berkembang biak sempurna.  Maha Besar Allah atas segala ciptaanNya.


Pos Roda Berjalan 

Banyak keseruan di pos yang satu ini, terbayang Kan,  butuh kerja sama yang sangat baik untuk menggerakkan terpal ini agar sampai di titik yang telah di tentukan,  ketaatan pada komando sama halnya dengan ketaatan kita pada pemimpin,  kalau mau jalan sendiri - sendiri,  gulungan terpal tak akan sampai dengan baik di titik yang di tentukan.  Menekan ego masing - masing,  menjalan fungsi diri di posisi yang telah di tentukan dengan baik.  Agar roda yang terbuat dari terpal sampai dengan selamat.  Itulah hakikatnya Berjamaah,  pesan yang hendak ditanamkan dari permainan ini. 


Pengenalan hidroponik

Si pos ini diperlihatkan cara menanam secara hidroponik.  Mempraktekkan cara  dengan cara sederhana menggunakan gelas aqua, bukan media tanah seperti kebanyakan kita menanam.  Tumbuhan bisa besar di media lain.  Allah maha berkehendak.  Dan akal fikiran sempurna yang Allah titipkan pada makhluknya,  manusia digunakan untuk hal  - hal yang bermanfaat. 




Masak Rimba

Di pos ini diajarkan bagaimana manusia bisa survive atau bertahan hidup dengan alat - alat seadanya,  alat - alat yang mungkin ditemukan di dalam sebuah perjalanan.  Disini di perlihatkan bagaimana cara memasak dengan menggunakan media sebatang bambu. 

Tarik tambang.

Permainan yang melibatkan 2 kelompok regu ini nggak kalah serunya.  Setiap regu yang bertanding berusaha sekuat tenaga memenangkan pertarungan.  Lagi - lagi,  disini menuntut sportifitas,  ketaatan kepada komando,  kekuatan fisik dan perasaan legowo atau rela bila tidak memenangkan pertandingan. 

Pos P3K

Pos Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan adalah pos berikutnya.  Di pos yang mengabarkan bagaimana memberikan Pertolongan pertama dalam kondisi darurat mengajarkan membuat ikatan untuk luka, cara membidai patah tulang,  dan peserta dapat Mempraktekkan nya secara bergantaian. 
Rangkaian pos ini di mulai jam 9 pagi dan diakhiri jam 4 sore.  Tentu saja diseling break sholat jumat dan makan. 



Malam Penggalangan Dana untuk Palestina.

Malam Puncak Kemwil diisi dengan Penampilan
● Tari Saman (SDIT AL MUBAROK)
● Angklung (SDIT AL.BIRUNI)
● Tarian Nusantara (SDIT INSAN MANDIRI)
● Team Nasyid Shoutul Harokah



Palestina,  menyebut namanya saja  ada genang air di pelupuk mata yang siap meluncur.  Kiblat pertama umat Islam yang sampai hari ini masih dalam cengkraman Yahudi.  Beruntungnya Mujahid Mujahidah peserta KEMWIl kali ini kedatangan team Nasyid Shoutul Harokah,  langsung dari Bandung.  Irama khas nya yang membakar semangat seakan membayar lelah seharian ini berpetualang melalui pos - pos yang di sediakan panitia.  Nasyid yang mampu membakar spirit kami yang menyaksikannya.  Hanya doa,  yang kami kirim dari sini,  wahai saudara - saudaraku di palestina.  Dalam waktu sesingkat itu Alhamdulillah  dari sunduk dan spontanitas serta infak kolektif sekolah terkumpul dana mendekati 90.000.000 rupaih.  Saksikanlah,  mujahid -   mujahidah kecil ini  telah berbuat untuk palestina. 



Pulang. 

3 hari 2 malam,  kangen juga sama kasur,  hehe.  Waktunya pulang.  Setelah upacara penutupan dan di akhiri dengan salam -  salaman antar peserta kemah,  sekarang waktunya bersih - bersih,  packing barang masing - masing,  dan kembali ke sekolah masing - masing.  3 hari 2 malam,  waktu yang singkat untuk menuliskan sebuah kenangan kebersamaan,  lukisan indah kemah ukhuwah DKI Jakarta akan terbawa di benak mujahid mujahidah kecil ini hingga mereka dewasa.  Bumi Cibubur menjadi saksi,  kami pernah berkumpul disini,  berukhuawah karna Allah.  Berikut pidato penutupan Kemwil 1 DKI



Sambutan Mabida Sako Pramuka SIT DKI JAKARTA saat Upacara Penutupan Kemwil :
Alhamdulillah pagi cerah kita lakukan upacara penutupan kegiatan yang penuh sejarah ini, secerah hati dan fikiran karena Alloh yang Maha kuasa memberikan kesempatan kita untuk menuntaskan kegiatan kemah wilayah ini yang merupakan kegiatan pertama yang akan dicatat dalam sejarah sekolah Islam Terpadu Jakarta, bahwa ditempat ini pernah dilakukan kemah untuk pertama kali SIT dan kita semua adalah pelaku sejarah tersebut... Allahu Akbar..
Semoga Kemah ini dapat mempererat ukhuwah kita semua serta meningkatkan ilmu dan skill kita untuk menjadi Pramuka Sejati...
Pesan Kakak, teruslah asah dan berlatih kemampuan pramuka kita, teruslah menyebarkan kebaikan dan terus berusaha melaksanakan dasa darma kita...
Hidupkanlah dasa darma pramuka dilingkungan mu dan yang paling penting adalah hidupkanlah dasa darma dalam dirimu...
Pramuka ini telah melahirkan tokoh2 bersejarah dalam negeri kita, dengan gemblengan pandu atau pramuka lahirlah tokoh jendral sudirman dan bung tomo yang telah membangkitkan bangsa ini tuk berjuang..
Kakak yakin jika kita terus menggembleng diri kita dalam pramuka sit ini, makan akan lahir generasi yang mampu mengukir sejarah lagi dinegeri ini...
Jadilah pengukir sejarah dikemudian hari... Allahu Akbar...Allahu Akbar...
Ka.Mabisakoda dki jakarta ( Kak.Parina, S.Pd)

Semoga dengan kegiatan awal Kemah Ukhuwah Wilayah 1 SAKO PRAMUKA SIT DKI JAKARTA ini semakin mensolidkan & memberikan semangat untuk bisa berkontribusi melahirkan adik" dan kakak pembina yang Taqwa, Tangguh, Tangkas dan Teguh khususnya di Gerakan Pramuka Sit DKI Jakarta. Urai  kak achmad yusuf (pinsakoda Pramuka SIT DKI Jakarta)  selaku ketua panitia,  kakak pramuka SDIT HARUM Jakarta Utara yang berkenan saya temui di tengah padatnya acara.

Terima kasih tak terhingga untuk segenap pihak,  panitia,  kakak - kakak pembina,  dan yang tak mungkin saya sebutkan satu persatu.   semoga usaha ini lillah,  niatan ingin meninggalkan generasi yang tangguh di belakang kita.  bila ada kekurangan,  itu karna kita manusia,  Kesempurnaan Hanya milik Allah saja. 

You May Also Like

4 komentar

  1. Alhamdulillah...
    Terima kasih kak Arikanti yang sdh merangkum kegiatan kemwil ini dalam sebuah tulisan yang indah, semoga menjadi amal sholeh bagi yang menulisnya dan bagi kita semua yang senantiasa menghidupkan nilai" kebaikan kepada adik" kita dalam kegiatan pramuka yang kita cintai.
    #Salam Pramuka
    #ALLAHU AKBAR...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama - sama Kak achmad yusuf. Atas input dan foto - fotonya buat tulisan ini

      Hapus
  2. Jadi ingat jaman SD, awalnya saya jatuh cinta dengan kegiatan alam ya dari kemah Persami Pramuka saat SD :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu cuma persami, sekarang ada perjumsa, perkamju hehehe suka - suka yang bikin

      Hapus