Objek Wisata Cibulan, Sensasi Berenang Bareng Ikan Dewa

by - Maret 26, 2018




Berenang bareng ikan dewa


Berenang bareng ikan?  Mungkin yang terpikir oleh kita cuma bisa di lakukan di dasar laut,  tapi ternyata nggak,  di kabupaten  Kuningan Jawa Barat,  ada sebuah pemandian  yang cukup terkenal,  namanya Objek Wisata Cibulan,  kenapa sampai begitu banyak di kenal oleh wisatawan?  karena di tempat ini kita  bisa mandi bareng ikan dewa,  ikan yang dalam kepercayaan sebagian  masyarakat setempat adalah jelmaan bala tentara prabu siliwangi. Sehingga  Ikan dewa tidak pernah di konsumsi

Perjalanan kali ini kami mulai dari jati asih, Bekasi Jawa barat.  Kalau normal hanya memakan waktu 3,5 jam dengan kecepatan rata - rata antara 80 sampai 100 km per jam.  Masuk tol jati asih dan keluar udah di kuningan,  hehe,  pantes cuma 3,5 jam yaa.  Di seling beberapa kali istirahat,  kami sampai di kabupaten kuningan jam 9 pagi.  Kendaraan umum untuk mencapai lokasi ini juga  cukup banyak,  kalau mau dengan bus besar ada nama luragung yang merajai jalanan di kabupaten  kuningan,  Jawa Barat.  Hampir semua jurusan ada,  jakarta,  depok,  bogor,  lebak bulus,  bandung,  merak, cukup bilang turun di Cibulan,  nyambung ojek kira - kira 200 meter. Saya sendiri biasa jalan kaki dari pinggir jalan raya sampai ke Objek Wisata Cibulan. 

Alternatif kendaraan lain yaitu kereta, pastikan beli tiket buat turun di cirebon.  Kereta executive,  bisnis dan sebagian kecil ekonomi akan berhenti di stasiun kejaksan,  sedangkan kelas ekonomi lebih banyak berhenti di stasiun prujakan.  Turun kereta nyambung angkot sampai terminal Cirebon,  hampir semua angkot yang lewat depan stasiun ke arah terminal bus cirebon.  tapi sebaiknya pastikan dengan bertanya terlebih dahulu.   dan dari terminal bus  Citebon akan ketemu elf yang mengantar kita sampai pinggir jalan raya ke arah Cibulan, pastikan yang kita naiki adalah elf jurusan  kuningan, karna elf disini tidak dibedakan dengan cara warna kendaraan atau no trayek,  biasanya cuma tulisan jurusan. Perjalanan lancar Kota Cirebon ke Objek Wisata Cibulan Kabupaten Kuningan Jawa Barat memakan waktu kurang lebih 1 Jam.  Jangan lupa bilang tujuannya mau ke Objek Wisata Cibulan jadi turun di pinggir jalan utama yang semua orang setempat menyebutnya turun Cibulan.  Dari pinggir jalan,  jalan kaki juga nggak jauh,  sambil menikmati pemandangan yang asri.

Saya terhitung sering ke tempat ini karna anak sulung kami sekolah dekat sini,  nyantri gitu lah.  Makanya semua moda transportasi pernah saya coba,  kebawa sampai kuningan kota juga pernah,  whaaahaha Makanya kalau naik Luragung atau elf jangan lupa bilang turun cibulan yaa. 



Karna terhitung jauh dan melelahkan  untuk ditempuh pulang pergi seharian kami biasa menginap,  penginapan terdekat ada di sekitar pondok pesantren Husnul Khotimah,  harga penginapan disini berkisar antara 200 sampai 350 ribu permalam,  fasilitas standart,  yang 350.000 biasanya ada air conditioner,  tapi itu mubadzir buat saya,  karna kalau tidur kita biasa rebutan selimut tebal karna suhu udara yang rendah,  jadi nggak mungkin juga nyalain ac. 



Mandi Bareng ikan Dewa
Karna terhitung jauh dan melelahkan  untuk ditempuh pulang pergi seharian kami biasa menginap,  penginapan terdekat ada di sekitar pondok pesantren Husnul Khotimah,  harga penginapan disini berkisar antara 200 sampai 350 ribu permalam,  fasilitas standart,  yang 350.000 biasanya ada air conditioner,  tapi itu mubadzir buat saya,  karna kalau tidur kita biasa rebutan selimut tebal karna suhu udara yang rendah,  jadi nggak mungkin juga nyalain ac.



Sensasi Berenang Bareng Ikan Dewa

Lepas ashar kami turun ke objek wisata Cibulan,  cukup jalan kaki dari penginapan, sebaiknya kalau mau mandi bareng ikan disini pagi sekalian atau sore sekalian,  karna siang hari tempat ini akan dipenuhi wisatawan dari berbagai penjuru daerah di indonesia.  Harga tiketnya per maret 2018 dewasa 20.000 anak2 15.000. Buka dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. 




Seperti banyak objek wisata,  tempat ini sekarang sudah di lengkapi dengan banyak fasilitas selain 2 kolam utama tempat kita mandi bareng ikan,  kolam yang dasarnya adalah batu kali,  bening,  airnya mengalir,  sumbernya langsung dari gunung.  Sejuk,  tanpa kaporit pastinya, berkejaran sama ikan dewa,

Mandi Bareng Ikan Dewa


Seperti banyak objek wisata,  tempat ini sekarang sudah di lengkapi dengan banyak fasilitas selain 2 kolam utama tempat kita mandi bareng ikan,  kolam yang dasarnya adalah batu kali,  bening,  airnya mengalir,  sumbernya langsung dari gunung.  Sejuk,  tanpa kaporit pastinya, berkejaran sama ikan dewa,

Adapun fasilitas yang ada selain 2 kolam utama adalah,  terapi ikan,  flying fox,  panahan,  sepeda gantung,  bebek air,  spot berfoto,  dan yang terbaru kebun kelinci,  harga tiap fasilitas bervariasi antara 10.000 sampai 25.000 sekali naik. Puas berendam bareng ikan dewa kami kembali ke penginapan. Penginapan tempat kami bermalam terletak antara objek wisata cibulan dan pondok pesantren Husnul Khotimah.  Jalan - jalan,  menjenguk anak,  mandi bareng ikan,  nulis,  ibarat sambil menyelam airnya keminum,  eeh maksudnya sambil menyelam minum air haha,  tapi nggak saya lakukan di kolam pemandian ikan dewa kok.


Belanja Oleh - oleh


Jalan - jalan pulangnya nggak bawa oleh - oleh?  Sah -  sah aja sih,  Nggak ada standart kalau kita pulang jalan - jalan nggak bawa oleh - oleh,  trus jalan jalannya jadi nggak sah,  haha.  Buah tangan ciri khas kabupaten Kuningan jawa barat adalah tape ketan yang dibungkus pakai daun jambu air.   warnanya jadi agak hijau mengikuti warna daun.  Kemasannya biasanya di dalam ember berwarna hitam,  belakangan embernya nggak cuma warna hitam,  ada ungu,  Hijau,  pink, dan lain - lain.   tapi warna tape ketannya tidak mengikuti warna ember ya,  cateet.

Mandi Bareng Ikan Dewa


Kami mampir ke pusat oleh - oleh teh diah,  selain menyediakan berbagai macam buah tangan,  ada tempat parkir yang sangat luas yang sengaja disediakan buat bus - bus wisata,  fasilitas mck dan musholla sangat memadai.

Ada banyak Objek wisata yang layak dikunjungi di Kabupten Kuningan Jawa Barat, Pemandian Ikan Dewa di Objek Wisata Cibulan salah satunya. Jadi, kalau mampir ke Kabupaten Kuningan Jawa Barat, cobain juga  rasanya  mandi bareng ikan disini. 

You May Also Like

8 komentar

  1. Kayaknya sensasinya beda ya kalo berenang bersama ikan2 hidup kayak gitu, seperti berasa berenang di laut aja. Kayaknya boleh juga nih mampir sini saat mudik nanti :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikannya besar - besar sekali, jumlahnya nggak sedikit, dasar kolam yang terdiri dari kumpulan batu kali nambah sensasi serasa berenang di kolam ikan

      Hapus
  2. Tempat yg indah dingin tp ikan nya besar2 sepertinya bikin penasaran mend3ngar mithosnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikan yang nggak boleh dikonsumsi, dan nggak ada yang berani konsumsi

      Hapus
  3. Ikan dewa, ini kalo mati ikan nya di kubur loh pakai kain kapan layaknya manusia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, ritual ini yang belum pernah saya lihat.

      Hapus
  4. Wah baru tahu ada tempat ini. Asyiknya bisa berpualang ke tempat baru ❤

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe udah 5 tahun bolak balik kesini, cuma baru ditulis

      Hapus