Tips Aman Offroad Lava Tour di Kaki Gunung Merapi

by - Juni 23, 2018


lava tour merapi
Kali Opak, Merapi, Yogyakarta

Gunung Merapi adalah gunung dengan ketinggian 2930 mdpl. Letaknya di bagian tengah pulau Jawa dan merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia. Lereng sisi selatan berada dalam administrasi kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan sisanya berada dalam wilayah provinsi Jawa Tengah yaitu, kabupaten Magelang di sisi barat, kabupaten Boyolali di sisi utara dan timur, serta kabupaten Klaten di tenggara. Gunung aktif yang masih terbilang kerap erupsi ini memang menyimpan pesona nya tersendiri.

Jalan - jalan kali ini kami lengkap 4 keluarga besar beserta anak - anak yang libur pesantren.  8 dewasa,  11 anak.  Cukuplah kami menyewa Long Elf dengan kapasitas 19 tempat duduk. Berangkat dari Jakarta, Harga Elf sendiri di musim libur Lebaran seperti saat ini berkisar 1,8 sampai 2 juta rupiah per hari nya. Harga tersebut termasuk bbm dan sopir,  diluar tol,  parkir dan tips buat sopir yang udah sangat sabar bolak balik melipir ke toilet untuk memenuhi hajat anggota team yang datangnya nggak bisa dikompakin.  Hahaha.  Artha tour jadi pilihan kami untuk menyediakan jasa transportasinya.  Dengan segala catatan supir harus yang ramah,  ac di jamin dingin dan sebagainya di tanggapi dengan baik,  Alhamdulillah terpenuhi,  catatan - catatan  yang kami minta. 

Perjalanan pertama kami adalah mencoba offroad dengan memilihn paket Lava Tour Merapi.
Perjalanan ke merapi sendiri kami mulai dari kabupaten Magelang, Jawa Tengah, tempat kami transit sebentar bersilaturahmi ke kampung halaman Orang Tua.  Dahulu, perjalanan  Magelang Yogya hanya di tempuh dengan 1 jam perjalanan saja,  sekarang nggak bisa,  di akhir pekan saja sudah kisaran 2 sampai 2,5 jam.  Buat libur lebaran kali ini.  Lebih lama lagi pastinya. sampai saat ini belum ada angkutan umum yang bisa sampai ke lokasi wisata Lava Tour Gunung merapi. Pengunjung disarankan membawa kendaraan pribadi atau menggunakan jasa travel.

Sampailah kami di kaki gunung merapi tepat adzan Dzuhur berkumandang,  Selamat datang di Basecamp Jeep Wisata Merapi. Tempat kami mempercayakan perjalan kamikali ini. Selesai shalat dan membereskan administrasi yang sebagiannya sudah kami booking dari Jakarta, kami memulai perjalanan.   Kami pilih Jeep Wisata Merapi Adventure. Ada beberpa jenis paket Lava Tour Merapi yang bisa dipilih. Sengaja kami lakukan pemesanan  dari Jakarta mengingat musim liburan yang cukup padat.  Di sepanjang jalan menuju lokasi banyak penyedia jasa sejenis dengan harga rata - rata yang sama. Untuk masuk ke kawasan Wisata Lava Tour Gunung merapi kita akan dikenakan retribusi sebesar 10.000 rupian per orang.

lava tour merapi
Bersama Mas Ivan di depan Basecamp

Pilihan Paket Lava Tour Merapi

Pilihan paket Lava Tour Merapi dibedakan berdasarkan banyaknya destinasi yang akan kita kunjungi. semakin banyak tentu saja harganya semakin mahal. Beberapa jenis paket yang dapat diambil diantaranya  :

Paket short ( 1 sampai 1,5 Jam)
Basecamp. - kali Opak  -Mini Musium Sisa Hartaku  -Batu Alien
Biaya 350.000 per jeep

Paket Medium ( 2 sampai 2,5 Jam)
Basecamp. - kali Opak  -Mini Musium Sisa Hartaku  -Batu Alien - Bunker Kali Adem
Biaya 450.000 per jeep

Paket Long  ( 2,5 sampai 3,5 Jam)
Basecamp. - kali Opak  -Mini Musium Sisa Hartaku  -Batu Alien - Bunker Kali Adem - Makam Mbah Marijan /wisata Air Kali Kuning
Biaya 550.000 per jeep

Ada juga paket Sunrise yang perjalanannya di mulai pada jam 4.30 Pagi.

Kami pilih paket medium, sekitar 2 jam berkeliling ke destinasi bersejarah di kaki Gunung Merapi.
Menyewa 4 jeep, yang setiap jeep nya berisi maksimal 6 orang termasuk  driver.  Meskipun lebih banyak anak - anak,  sebaiknya memang tidak melebihi kapasitas yang telah ditentukan, demi kenyamanan dan keamanan bersama. Untuk pilihan destinasi bisa dipilih kalau nggak mau basah basahan artinya nggak perlu pilih destinasi kali opak.
 

Tips Aman offroad Lava Tour di kaki Gunung Merapi

Dari begitu banyak jasa penyedia penyewaan jeep wisata, pastikan point - point berikut.

1. Pastikan jasa penyewaan jeep yang anda pakai adalah jasa penyewaan resmi yang terdaftar dan terpercaya, serta  berpengalaman.  Kendaraan yang digunakan sesuai dengan SOP yang berlaku. Normalnya memang ada pemeriksaan berkala dari Dinas perhubungan dan Dinas pariwisata untuk kelayakan kendaraan.

2. Driver yang berpengalaman dan menguasai medan dengan baik.  Memakai pengaman minimal helm.

3. Fisik yang prima.  Olah raga ini Tidak di sarankan untuk ibu - ibu hamil,  pasca operasi atau sedang dalam masa pemulihan

4. Menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. 

Beberapa kali terjadi kecelakaan yang memakan korban diakibatkan dari human error. Kejadian terakhir adalah terperosoknya sebuah jeep ke kali dikarenakan kelalaian pengendara. Kejadian sebelumnya juga sebuah jeep menabrak bus Pariwisata diakibatkan driver yang ugal -  ugalan. Jadi, sebelum memutuskan mengikuti Lava Tour Merapi.

Pastikan jasa yang anda pakai adalah jasa yang terpercaya. Karna begitu banyak manfaat yang bisa di dapat dari perjalan ini, buat kami, utamanya anak - anak. Selain belajar Geografi, Matematika, Sosial, Fisika, Sejarah, dan yang lebih penting tentang  kebesaran Allah sang maha berkehendak.

Bunker Kaliadem, Merapi, Yogyakarta 

Perjalananpun dimulai,  tempat pertama yang kami kunjungi adalah Bunker Kaliadem.  Jalur dari basecamp sampai ke Bunker Kaliadem cukup membuat anggota team berkali - kali menahan nafas.  Mas Ivan sang driver yang memang terbiasa membawa wisatawan akan dengan sengaja memilihkan jalur yang tidak rata alias beda ketinggian,  walwasil jeep kami berkali - kali dibuat miring melebihi 45 derajat.  Tulisan di spanduk  peserta dilindungi penuh dengan asuransi juga membuat tanya.  seberapa menantangnya sensasi offroad di kaki Gunung Merapi.  Nyatanya?  Ruaaar biasaah

Bunker Kaliadem yang di tahun 2006 tepatnya 15 mei 2006 mencatatkan sejarahnyan tersendiri.   Di kamar mandi Bunker ditemukan 2 0rang  korban relawan yang berlindung saat terjadi awan panas disertai lava pijar. Bunker memang hanya mampu melindungi  dari awan panas,  tapi hari itu lava pijar ikut muntah dari puncak merapi.  Meluluh lantahkan desa - desa di sekitarnya,  tutur mas ivan sang driver yang juga merangkap tour guide saya.

Bunker Kaliadem.  Sebuah bangunan peninggalan belanda yang sudah dirancang sedemikian rupa kekuatan dan ketebalannya  guna berlindung dari awan panas atau wedus gembel  saat erupsi,  Qodarullah tak mampu menghalangi malaikat maut menjemput dua orang relawan yang hari itu berlindung di dalamnya.  Semoga husnul Khotimah.  Aamiin.  Ketempat ini kami belajar,  ajal tak bisa di geser maju atau mundur barang sedetikpun. berlindung di balik sebuah benteng berlapis sekalipun.


Bunker Kaliadem
Pintu Banker Kaliadem 


Museum Harta Peninggalanku, Merapi, Yogyakarta


Selesai mengunjungi Bunker Kaliadem dan berfoto di depannya kami melanjutkan ke tujuan berikutnya.  Museum harta peninggalanku. Museum  ini merupakan rumah yang terdampak  ketika terjadi erupsi 2010.  Letusan yang terjadi tepatnya di tanggal 26 oktober 2010 di awali dengan aktifitas seismik mulai akhir september 2010, menewaskan tak kurang dari 353 orang,  termasuk di antaranya adalah Mbah Marijan Sang Juru Kunci Gunung Merapi.

Di  museum  yang jaraknya sekitar 7 km dari puncak merapi kita akan melihat barang - barang yang di temukan usai letusan 26 Oktober 2010.  Luluh lantah...  Dari berbagai barang yang tersisa tergambarkan betapa dahsyatnya peristiwa hari itu.  Panasnya dapat membuat semua benda berubah bentuk,  terlebih yang terbuat dari plastik.  Terdapat tulang belulang hewan ternak yang tak dapat di selamatkan hari itu.  Sepeda motor yang tak lagi lurus.  Pada sekian deretan barang yang di temukan,  mata saya bertumpu pada buku - buku tafsit Ibnu Katsir, semoga kelak menjadi saksi,  penghuni rumah yang tersapu erupsi adalah para penuntut ilmu.  Hingga ajal menghampiri. 

museum harta peninggalanku
Lemari Kitab di Museum Harta Peninggalanku 
museum harta peninggalanku
Sepeda motor di Museum Harta Peninggalanku


Jalur dari Kaliadem ke Museum jauh lebih landai.  Berkali - kali mas ivan  memacu jeep dengan kecepatan tinggi. setiap kami berpegangan erat ke besi jeep yang mungkin kami raih. rasanya  seperti naek halilintar di tempat - tempat wisata seperti dunia fantasi, tentu saja sensasinya jauh berlipat - lipat kali.


Batu Alien, Merapi, Yogyakarta 

batu alien merapi yogyakarta
Batu Alien, Merapi, Yogyakarta

Titik berikutnya adalah batu Alien.  Batu besar yang di temukan,  juga setelah terjadi letusan merapi 2010. Jarak batu ini ditemukan sekitar 7,5 km dari puncak merapi.  Berdasarkan cerita mas ivan ,  nama awalnya adalah batu alihan.  Maksudnya adalah batu  yang beralih dari puncak merapi ke tempat ini, melihat besarnya batu yang meluncur dari puncak merapi ke jarak 7,5  kilo meter, sulit di nalar kekuatan maha dahsyat yang hari itu terjadi. Tak ada yang mustahil, bila yang maha menguasai alam sudah berkehendak. dan tempat batu itu berada kini menjadi spot berfoto yang paling banyak diminati pengunjung Lava Tour Merapi.

Kali Opak, Merapi,Yogyakarta


Dan destinasi terakhir kami adalah Kali Opak.  Kali yang di musim hujan airnya jauh lebih banyak dari ketika kami sampai di tempat ini.  Rute batu alien ke kali opak terbilang curam.  Menurun dan berkelok. 

lava tour merapi yogyakarta
jalur lava tour merapi yogyakarta

lagi - lagi kami dibuat erat berpegangan dan menahan nafas, jalur menurun yang curam serta jalan berbatu membuat jeep kami bergoncang dan miring. Tiba di kali opak,  Mas Ivan memastikan kami siap untuk memulai perjalalan naik turun kali.  Kamera di samping driver juga saya pastikan aman merekam perjalanan kami.  Bismillah,...  Hempasan roda jeep menyebabkan air membasahi sebagian tubuh kami.  tarik gas maksimal dan cipratan air semakin deras membuat basah pakaian.

selesai satu putaran, kami pikir selesai juga route Lava Tour Merapi , lega,  deg - deg an, campur takut nya selesai sudah,tinggal kembali ke basecamp dan mengganti pakaian basah.  nyatanya belum. 

"Sekarang,  kaca depan jeep kita buka yaa" ujar mas Ivan memastikan kami siap di putaran kedua.  huaaaaaa.  Kebayang air yang akan datang dari arah depan,  tapi karna semua anggota team siap dengan tantangan,  oke lah,  putaran kedua dilanjutkan.  Kali ini kamera tak dipastikan aman.  Maka moment putaran kedua cukup di rasakan saja.  Dan bisa dipastikan rute putaran pertama yang tadi kami lalui,  kami ulangi tanpa kaca penghalang di depan.  Wal hasil,  sebagian kami basah kuyub.  Senang?  Tentu saja,  rasanya seperti naik niagara - gara tanpa pengaman. 




Melihat dari dekat, fenomena alam sisa letusan Gunung Merapi memberi begitu banyak pelajaran buat kami semua, betapa kecil kami di hadapanNya. semakin merunduklah kami seharusnya. KuasaNya tak terbatas. Satu Gunung yang meletus saja mampu meluluhlantahkan apa saja yang berada di dekatnya. terucap syukur masih diberi kesempatan mentafakuri ciptanNya. semoga kesempatan ini membuat kami semakin menyadari keMaha KuasaanNYa.

You May Also Like

2 komentar

  1. Saya pernah juga ikut Lava Tour Merapi ini, selain driver yg nyetir ugal2an, jeepnya juga banyak yg sekedar bisa jalan saja tanpa memperhitungkan faktor keselamatan penumpang. Tapi banyak juga kok operator Lava Tour ini yang disiplin dan tetap mempertimbangkan keselamatan

    BalasHapus
  2. yes, masih banyak operator resmi yang terdaftar dan mengedepankan keselamatan, kenyamanan dan kepuasan pemakai jasa. tour yang padat pelajaran dan pengalaman.

    BalasHapus