Gumuk Pasir, Bantul, Yogyakarta, Merasakan Sensasi Berseluncur Di Atas Padang Pasir

by - Agustus 31, 2018



Gumuk Pasir, Bantul, Yogyakarta


Wisata berbayar ? itu biasa. kalau berwisata gratis itu mungkin hanya berada di beberapa tempat saja. Gumuk pasir, Bantul, Yogyakarta salah satunya, setidaknya sampai saya mengujungi tempat ini, Juli 2018. 

Gumuk Pasir yang akan saya ulas disini berada di Jl Pantai Parang Kusumo, Kretek, Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Ada beberapa Gumuk Pasir di sepanjang jalan ini, dan Gumuk Pasir yang saya kunjungi adalah Gumuk Pasir yang tidak berbayar. 

Pengertian Gumuk Pasir sendiri adalah gundukan bukit atau igir yang terhembus angin. Umumnya gumuk pasir terbentuk pada pantai berpasir yang landai dan datar. Kalau Gunung - gunung terbentuk akibat muntahan lahar dan lava, sedangkan bukit bukit itu akibat terangkatnya batuan oleh gaya tektonik, Gumuk pasir ini sedikit demi sedikit dikumpulkan dan dibangun oleh angin. Angin yang cukup kuat mengumpulkan pasir pasir ini membentuk (dune) gumunk pasir. Keindahan bukit ini tidak hanya bentuknya, tetapi juga tekstur tekstur permukaan yang unik akibat hembusan angin. 

Waktu Terbaik Bermain di Gumuk Pasir, Bantul Yogyakarta

Berankat dari penginapan di pusat kota Yogyakarta sekitar jam 8 pagi di musim puncak liburan ternyata membuat kami kesiangan sampai di lokasi, Sekitar Jam 10 pagi kami sampai disini. Sepertinya waktu yang kurang tepat, butiran pasir kasar sudah terasa hangatdan cenderung panas dikaki, semakin siang semakin panas. Sebaiknya, mengunjungi gumuk pasir di pagi hari sekitarjam 06.00 sebelum matahari beranjak naik, atau selepas ashar diatas jam 16.00, ketika matahari sudah mulai bergeser ke barat. Saya menggunakan alas kaki yang tertutup sempurna, bukan sendal sehingga leluasa melangkah tanpa takut alas kaki tertinggal kedalaman pasir yang saya injak



Gumuk Pasir, Bantul, Yogyakarta


Yang Bisa dinikmati di Gumuk Pasir, Bantul, Yogyakarta 

Selain tempatnya yang tidak berbayar, ada beberapa fasilitas yang bisa kita nikmati disini. Terdapat beberapa menara pandang berbentuk Gazebo yang bisa kita gunakan untuk sekedar beristirahat dan membuka bekal, selain tentunya untuk melihat luas dan indahnya hamparan pasir dari atasnya. 

Pemandangan yang instagramable adalah salah satu sebab tempat ini layak dan banyak dikunjungi, Mengabadikan gambar di hamparan pasir menjadi hal unik tersendiri. Salah satu kebesaran ciptaanNya, secuil dari begitu banyak nikmat serta hamparan keindahan kuasaNya. 


Gumuk Pasir, Bantul, Yogyakarta


Papan seluncur juga merupakan fasilitas yang bisa kita nikmati di tempat ini. Untuk hal yang satu ini, kita mesti membayar biaya sewa sebesar 75.000 rupiah  sampai 100,000 rupiah  tanpa batasan waktu alias sepuasnya. Saya menyewa sebuah papan seluncur untuk dimainkan secara bergantian oleh keluarga besar, hehe ketauan patungan. Ternyata bermain seluncur di gumuk pasir butuh keterampilan tersendiri, tak semua kami berhasil sampai dengan selamat dibawah, ada yang terguling di tengah, berhenti dan enggan meluncur, sampai tertatih tatih untuk bisa kembali keatas. 

Gumuk Pasir, Bantul, Yogyakarta


Puas berfoto, berseluncur, kami menikmati es kelapa muda yang banyak di jual di seberang gumuk pasir, harga yang masih sangat bersahabat, 12.000 per butir nya, rasanya jauh lebih nikmat karna kami baru saja berpanas - panasan di gumuk pasir. Selalu ada celah untuk merenung, seperti apa panas padang pasir yang sesungguhnya kelak. MasyaAllah. Disetiap perjalanan yang kita lakukan, selain mentafakkuri ciptaanNya semoga ada hikmah yang bisa kita petik. 

You May Also Like

0 komentar