WISATA GUNUNG BROMO, KEINDAHAN KAWAH DI TENGAH PADANG PASIR SEOLAH TAK BERTEPI

by - Agustus 17, 2019

wisata gunung bromo


Perjalanan kali ini, saya pilih kota Malang jawa timur. Banyak tempat yang bisa di eksplorasi disini. Wisata Gunung Bromo salah satunya. Gunung yang masih aktif ini berada di dalam empat wilayah kabupaten, Yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Gunung ini memiliki ketinggian 2.329 Meter diatas permukaan Laut. Gunung Bromo dikenal sebagai objek wisata terkenal di Jawa timur. Gunung Bromo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Yang menjadi menarik, sebagai objek wisata status Gunung Bromo masih sebagai Gunung Berapi yang aktif.

Kota batu, Malang jawa timur menjadi pilihan lokasi kami menginap, dikenal dengan ke asrian nya, ramah penduduknya, Juga kesejukan udaranya. Nggak percaya ? Boleh dicoba.

Kami memulai perjalanan pada pukul 06.00 dari Homestay yang letaknya disamping museum Angkut Kota Batu. Menggunakan mini bus rombongan kami berjumlah 20 orang, Perjalanan menuju parkiran terakhir yang mungkin dicapai oleh bus sebelum berganti dengan kendaraan jeep memakan waktu sekitar 1,5 jam. Sekitar pukul 07.30 Perjalanan ke Bromo kami mulai menggunakan jeep yang kami sewa dan sudah kami booking sebelumnya, sudah beberapa kali salahnsatu dari anggota rombongan kami  menggunakan jasa beliau dengan pelayanan yang prima kami menggunakannya lagi. Mau kontaknya ? No telp nya 082233948549. Namanya Pak Harianto.

wisata gunung bromo
Parkiran Bus, sekaligus tempat berganti kendaraan ke jeep 


PEMANDANGAN SEPANJANG JALUR MENUJU KAWAH GUNUNG BROMO 


wisata gunung bromo
Pemandangan di sepanjang jalur jeep
Kelebihan dari perjalanan disiang hari adalah kita dapat menikmati perjalanan sepanjang jalur menuju Kawah Gunung Bromo. Sensasi naik jeep membelah hutan pinus dengan jalur sempit, bila berpapasan dengan jeep lain otomatis akan mencari lahan yang sedikit lebar untuk sekedar minggir sebentar memberi kesempatan kendaraan lain lewat. Jalur sempit ini cukup panjang, tikungan tajam mendaki persis dibibir jurang. Saya sarankan untuk menggunakan jasa jeep dibanding nekat membawa kendaraan pribadi sampai ke atas. Tanjakan dan turunan yang curam bercampur tikungan tajam di jalur sempit ini cukup lama dinikmati sebelum akhirnya sampai di jalur pasir menuju Kawah Gunung Bromo. Pemandangan di belahan hutan pinus membuat decak kagum pada kebesaran penciptanya. Tataran teras sering yang apik jadi suguhan sepanjang jalur. Pohon yang banyak ditanam disini selain apel malang yang menjadi komoditi andalan adalah sayur - mayur. 

Untuk menggunakan jasa jeep. Kami dikenakan biaya 900.000 per mobilnya tanpa batasan waktu. Muatan jeep, 2 penumpang di depan dintambah sopir dan 4 orang di belakang. Ada juga jasa sewa motor trail sebesar 300.000 per motor. Kenapa sebaiknya jenis trail ? Karna jenis motor bebek yang saya jumpai sepanjang jalurnya terutama di jalur berpasir terlihat sangat kesulitan menaklukkan medan berpasir.

Kekurangan jalan disiang hari adalah kita tidak  dapat mengabadikan moment terbitnya matahari, layaknya idaman para pendaki, jumlah pengunjung yang semakin banyak terutama di saat puncak liburan, Sehingga debu yang diakibatkan dari pasir yang terbang di belakang kendaraan yang melaju di depan kendaraan kami berkali kali memaksa jeep yang kami tumpangi berhenti sebentar agar jalan di depan kembali terlihat dengan baik.

BUKIT TELETUBBIES


Destinasi pertama yang kami kunjungi adalah Bukit Teletubbies. Barisan perbukitan yang ketika kami sampai di tempat ini tidak sedang berwarna hijau dikarenakan musim kemarau yang panjang. Tak mengurangi keindahannya, kami mengabadikan lewat foto bersama di setiap latar barisan bukitnya. Pak Harianto sang pemilik jeep bak pengarah gaya profesional mengarahkan posisi kami dan dengan sabar mengambil gambar kami dengan berbagai latar hingga puas.  Berlanjut kami mengabadikan gambar di salah satu tempat ciptaan Allah ini dengan gaya suka - suka. Ini adalah barisan bukit terluas pertama yang pernah saya datangi. membayangkan ketika warna rumputnya tengah hijau subur, betapa tempat ini akan jauh lebih indah lagi.

wisata gunung bromo
Bukit Teletubbies 

Berlanjut ketempat berikutnya kami dibawa ke hamparan padang pasir sejauh mata memandang. Terdapat pagar yang ditanam di sebelah kiri jalan menuju ke arah Kawah Gunung Bromo. Konon pagar ini dibuat karna banyaknya pengendara yang nyasar tak tentu kemana arah kawah dan arah kembali. Terbayang, begitu luasnya hamparan pasir disini, mereka yang sehari - harinya memandu wisata saja bisa berputar putar berkali - kali tak jelas arah kembali.

wisata gunung bromo
Patok pembatas yang di tanam  sepanjang jalur menuju kawah 

wisata gunung bromo
Padang Pasir Gunung Bromo



wisata gunung bromo
Tiba di parkiran, banyak pemilik kuda sewa yang menghampiri kami, harga yang ditawarkan kisaran 125.000 sampai 150.000 per ekor dengan rute parkiran jeep,   kawah dan kembali lagi ke parkiran jeep.  Melihat anak tangga yang seperti sudah di depan  mata, tidak ada diantara kami yang memutuskan untuk menggunakan jasa sewa kuda. Berbekal percaya diri dan pengalaman mendaki beberapa gunung, rasanya tak terlalu sulit untuk sampai ke kawahnya. Nyatanya ? Hahaha.. jalur pasir cukup dalam memaksa kami melangkah pelan, pastikan kalau anda berkunjung kesini yang anda gunakan adalah sepatu bukan sendal, dan lebih baiknya lagi sepatu gunung.  Melihat anak tangga menuju kawah bak melihat bulan, terlihat tapi tak juga sampai... jadi kayak fatamorgana. 


KAWAH GUNUNG BROMO



wisata gunung bromo
Gerbang Utama yang terlihat dari puncak 
Setelah melewati gerbang utama, jalur mulai menanjak, dan semuanya, paasiir.. rumusnya kalo mendaki, lihat kebawah atau sesekali menoleh kebelakang, cukup jauh juga yang sudah dilewati, jadi sayang kalau harus berhenti. kalau lihat ke atas atau depan, hehe. Perjuangan terasa masih panjang sekali. Saran saya, gunakanlah jasa sewa kuda bagi yang ingin sampai di kawahnya. Agar tenaga yang ada cukup buat menaiki anak tangga. Sampai di kaki anak tangga terbawah atur nafas untuk bisa sampai diatas. Berhenti sesekali lebih baik untuk sekedar menormalkan nafas, walau matahari diatas kepala, udara disini tetap terasa sejuk.

wisata gunung bromo
Perjuangan mencapai Kawah Bromo


wisata gunung bromo
Tangga menuju Kawah Bromo

Sampai  dipuncaknya merupakan kenikmatan tersendiri, ajang silaturahmi yang sekaligus napak tilas kebesaran Ilahi. Disini kami pernah berdiri, memandangi kedalaman kawah juga hamparan pasir seolah tak bertepi.  Alhamdulillah, atas izinNya kami sampai di belahan bumiNya yang lain. Wisata Kawah Gunung Bromo.


Penampakan Kawah yang masih aktif 
Satu kelebihan di tempat ini. Bila di gunung - gunung lain pendaki tidak diperkenankan memetik bunga keabadian, edelweis, maka di Gunung Bromo ada satu tempat yang memang di khususkan untuk membudi dayakan bunga tersebut, sehingga pengunjung bisa membelinya dan membawanya pulang.

Semakin jauh kaki ini melangkah, semakin terasa bukan apa2 dibanding hamparan ciptaanNya. Kawah Gunung Bromo, semoga bisa kembali di musim yang lain, ketika bukit Telletubies menghijau, dan embun salju mengelilinginya.

You May Also Like

0 komentar